daily sneakers care

MENU

Cara Merawat dan Mencuci Sepatu Knit (Rajut)

Sepatu berbahan rajut menjadi trend bagi remaja, hingga dewasa. Sepatu ini digemari banyak orang bukan hanya untuk memperbagus penampilan, namun juga dari kenyamanannya saat digunakan.

Sepatu rajut atau knit dikenal mempunyai bahan yang elastis, ringan, dan bersikulasi udara baik. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan sepatu berbahan rajut untuk berolahraga. Sayangnya, meski stylish dan nyaman, ternyata perawatan sepatu rajut tidak mudah lho, peeps! Nah, mari simak tips dan langkah yang tepat untuk mencuci sepatu rajutmu agar tidak gampang rusak!

Nike Mesh Shoes

Persiapan

Alat Persediaan
Kain microfiber Cairan pembersih khusus sepatu
Premium brush / sikat gigi Air bersih
Mangkuk

Disarankan tidak menggunakan deterjen atau sabun cuci piring ya, peeps! Karena hal tersebut akan merusak warna pada sepatu. Jadi, lebih baik gunakan pembersih khusus sepatu, agar noda benar-benar bersih dan sepatumu tetap awet.

Sebelumnya memulai ke langkah selanjutnya, campurkan air dan cairan pembersih sepatu dengan takaran 1:1. Lalu, pastikan sepatumu kering ya!

Lepaskan Tali Sepatu

Tali sepatu yang masih terpasang akan membuat hambatan, karena noda pada bagian lubang tali tidak benar-benar terjangkau saat proses mencuci.

Oleh karena itu, pastikan lepas tali sepatu terlebih dahulu, lalu pisahkan untuk dicuci secara terpisah ya, peeps!

Bersihkan Sepatu Menggunakan Kain Microfiber

Selanjutnya, rendam kain microfiber ke dalam cairan pembersih khusus, lalu peras kain hingga tidak ada yang menetes. Setelah itu, gosok pelan bagian sepatu yang bernoda menggunakan kain.

Disarankan untuk melakukannya dengan lembut, namun bertenaga ya, peeps! Agar permukaan sepatu tetap aman dan tidak rusak karena gesekan.

Jika noda sudah bersih, bilaslah kain dengan air bersih, lalu gosok kembali hingga tidak ada sisa sabun atau cairan pembersih yang tertinggal di permukaan sepatu.

Gunakan Sikat untuk Noda Membandel

Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, cobalah untuk menggunakan sikat gigi atau premium brush. Caranya sama seperti menggunakan kain microfiber. Celupkan sikat ke cairan pembersih, lalu gosok dengan perlahan dan seirama di bagian yang bernoda.

Gosok dengan lembut dan searah agar tidak merusak permukaan sepatu. Jika kita menggosoknya terlalu kencang, akan membuat benang pada sepatu menjadi renggang.

Keringkan Sepatu Secara Alami

Hindari menjemur sepatu langsung mengenai sinar matahari terik. Walaupun akan lebih cepat kering, namun hal ini akan mengakibatkan sepatumu mudah berubah warna.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengeringkan di suhu ruangan atau dengan kipas angin. Pastikan sepatu benar-benar kering sebelum dimasukan ke dalam tempat sepatu ya, peeps!

Letakan di Tempat yang Sejuk

Pasalnya, banyak yang keliru dengan letak penyimpanan sepatu. Tempat penyimpanan sepatu yang terlalu tertutup tidak dianjurkan, karena sepatu akan lembab dan mudah berjamur.

Pilihlah rak atau tempat penyimpanan sepatu yang bersikulasi udara cukup atau terbuka. Hal ini akan membantu menjaga keawetan sepatumu, lho!

Tidak Mencuci Sepatu dengan Cara Direndam

Jika kamu berpikir untuk merendam sepatumu agar kotoran langsung hanyut, ini salah besar ya, peeps! Justru hal tersebut akan membuat lem dan jahitan pada sepatumu cepat rusak atau lepas.

Bagi yang sudah terlanjur melakukannya, baiknya membawa sepatu ke laundry kepercayaanmu agar diperbaiki oleh ahlinya ya, peeps!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.