daily sneakers care

MENU

Jenis-jenis Bahan Sepatu

Sepatu merupakan salah satu aspek penting dalam hidup kita. Sebagai alas kaki, pelengkap penampilan, dan pelindung kaki. Di era yang modern ini, banyaknya jenis sepatu, entah dari bahan, model, hingga warna yang beraneka ragam.

Namun, ternyata mengetahui jenis bahan sepatu adalah hal dasar yang perlu kita pelajari, lho! Salah satu manfaatnya adalah memudahkan kita dalam memilih dan merawat sepatu dengan benar. Jika kita merawat sepatu dengan cara yang tidak tepat, tentunya akan merugikan kita secara materi dan tenaga, karena setiap bahan sepatu memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, peeps!

Oleh karena itu, mari kita simak beberapa jenis bahan sepatu!

Leather Shoes Close Up

1. Kulit Asli

Leather

Sepatu berbahan kulit asli atau genuine leather merupakan jenis sepatu paling tahan lama dibanding sepatu bahan lainnya. Bahan kulit asli biasanya terbuat dari kulit sapi, domba, atau kambing. Sekilas terlihat mirip dengan kulit sintetis, namun bahan kulit asli mempunyai tekstur lebih kasar dibanding kulit sintetis atau faux leather.

Bahan kulit asli memerlukan perawatan khusus. Jika bahan kulit asli terkena noda kotor, disarankan segera bersihkan dengan kain lembut dan air. Gosok secara perlahan agar tidak merusak permukaan kulit. Jika ada noda membandel, gunakan pembersih khusus sepatu kulit. Jangan lupa untuk gunakan pelembab agar kulit lebih tahan lama dan tidak cepat retak. Hindari sinar matahari langsung dan letakan di tempat yang kering ya, peeps!

2. Kulit Sintetis

Faux Leather

Bahan kulit sintesis atau faux leather merupakan jenis kulit imitasi menyerupai kulit asli yang terbuat dari bahan kain, diolah secara kimia dengan lilin, pewarna, dan polyurethane. Cara merawatnya juga perlu diperhatikan agar tetap awet. Gosok secara perlahan menggunakan kain lembut dan pembersih khusus kulit. Setelah itu, bilas kain dengan air bersih dan lap secara berulang hingga permukaan sepatu bersih dari sabun atau busa.

3. Kanvas

Converse Canvas Shoes

Sepatu berbahan kanvas menjadi trend pada masa kini yang dapat digunakan oleh pria, maupun wanita. Selain nyaman, bahan ini ringan dan mudah untuk dipadupadankan. Cara membersihkannya mudah, namun pada dasarnya bahan ini mudah robek dan warnanya rentan memudar.

Oleh karena itu, untuk mencuci sepatu bahan ini, gunakan sikat berbulu halus atau sikat gigi bersih, air, cairan pembersih sepatu, dan mangkuk. Sikat secara perlahan dan searah menggunakan sikat gigi yang telah dicelupkan ke campuran air dan cairan pembersih dengan takaran 1:1 hingga bersih. Keringkan secara alami atau dengan kipas angin. Hindari sinar matahari terik agar warnanya tidak berubah ya, peeps!

4. Suede

Suede Shoes Nike

Bahan suede dapat disebut sebagai kulit balik atau kulit bagian belakang yang dipisahkan dari permukaannya. Bahan suede bertekstur lembut menyerupai bludru. Sepatu berbahan ini dapat digunakan untuk acara non-formal atau santai.

Namun, sepatu berbahan suede mempunyai cara perawatan yang tidak mudah. Karena bahan ini tidak tahan dengan air, cara mencucinya pun sama sekali tidak menggunakan air. Gunakanlah sikat khusus suede untuk menghilangkan noda lumpur. Sedangkan, untuk noda cair atau air hujan, lap dengan kain bersih dan keringkan secara alami. Setiap bepergian, jangan lupa untuk semprotkan spray anti-air ya, peeps!

5. Kulit Nubuck

Nubuck Leather

Sekilas terlihat mirip dengan bahan suede, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Nubuck berasal dari kata “new” dan “buck”. Kulit nubuck bertekstur lebih halus dibanding bahan suede. Sepatu berbahan nubuck cenderung lebih awet dan kuat, serta harganya pun lebih mahal dari bahan suede. Cara merawat dan membersihkannya sama dengan suede. Sikat dan alatnya pun sama. Oleh karena itu, pastikan kita benar-benar mempelajari caranya agar tidak salah langkah ya, peeps!

6. Karet

Rubber Shoes Crocs

Bahan karet berasal dari getah pohon karet yang diolah sehingga menjadi bahan karet yang dapat dijadikan sepatu. Umumnya, bahan karet bisa dijadikan sepatu kasual, maupun boots. Berbeda dengan sepatu bahan lainnya, sepatu berbahan karet mampu menahan air dengan baik, sehingga air tidak dapat masuk ke bagian dalam sepatu.

Walaupun bahan ini sangat tahan lama dan kuat, kita tetap perlu memperhatikan cara merawatnya dengan baik. Jika terkena noda kotor seperti lumpur, segera lap dengan tisu basah bersih dan keringkan dengan kipas angin agar tidak lembab. Pastikan untuk meletakannya di tempat yang bersikulasi udara yang cukup.

7. Denim

Denim Cloth

Bahan denim atau jeans adalah bahan yang terbuat dari serat kapas kasar yang ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu. Tentunya, bahan ini sering digunakan untuk perlengkapan fashion, seperti sepatu, tas, baju, dan celana. Tidak hanya keren, bahan ini ternyata sangat kuat dan tidak mudah robek lho, peeps!

Dengan segala kelebihan dari bahan denim, ternyata cara membersihkannya juga simple dan dapat kamu lakukan di rumah. Jika terkena noda kotor, sikatlah dengan sikat berbulu halus yang dicelupkan dengan campuran air dan cairan pembersih khusus sepatu. Setelah itu, keringkan secara alami atau dengan kipas angin.

8. Mesh

Mesh Sport Shoes

Bahan mesh merupakan bahan yang terbuat dari kain sintetis yang dikombinasikan dengan kulit dan karet. Bahan ini mempunyai pori-pori atau lubang-lubang kecil yang memungkinkan adanya aliran udara dari dalam sepatu. Oleh karena itu, banyaknya sepatu olahraga yang memakai bahan mesh. Tidak hanya bersikulasi udara yang baik, sepatu berbahan ini pun terkenal tahan lama dan nyaman.

Bahan mesh cukup mudah untuk dibersihkan. Sikat secara perlahan menggunakan sikat halus yang dicelupkan dengan campuran air dan cairan pembersih khusus sepatu dengan takaran 1:1. Keringkan secara alami, lalu simpanlah di tempat yang sejuk atau terbuka.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.