daily sneakers care

MENU

Jenis-jenis Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga wajib kita kenali dan pilih secara hati-hati. Sepatu olahraga dirancang sesuai dengan kondisi dan keadaan pemakai saat di lapangan. Jika kita keliru atau asal-asalan dalam memilih sepatu olahraga, tentunya akan ada dampak buruk lho, peeps! Salah satunya kita berisiko cidera saat di lapangan karena memakai sepatu yang tidak sesuai. Contohnya, kita memakai sepatu running saat berolahraga futsal.

Oleh karena itu, ada baiknya kita pelajari dahulu fungsi atau kegunaan pada setiap sepatu olahraga. Selain berisiko cideranya kecil, kita akan merasa nyaman saat memakainya di kondisi yang tepat. Yuk, kita simak beberapa jenis sepatu olahraga!

Running Shoes

Sepatu running (training shoes)

Running Shoes

Sepatu running atau sepatu lari merupakan sepatu yang dapat digunakan untuk berlari atau olahraga ringan setiap hari. Kelebihan sepatu ini adalah nyaman, ringan, dan menyerap guncangan.

Namun, sepatu running tidak dapat digunakan untuk lomba lari ya, peeps! Untuk lomba lari jangka panjang, kamu dapat memakai track shoes. Track shoes memiliki 2 tipe, yaitu racing flats dan racing spikes.

Racing flats didesain seringan mungkin agar tidak membebani pengguna saat berlari. Biasanya digunakan untuk lomba lari jarak 5 km ke atas. Berbeda dengan racing flats, racing spikes didesain untuk lomba lari cepat di trek.

Sepatu sepakbola (football)

Football Shoes

Sepatu sepakbola sangat mudah dikenali semua orang. Ciri khasnya adalah memiliki paku grip di bagian luar solnya, sehingga aman digunakan untuk berlari di lapangan hijau.

Sepatu ini dirancang untuk pemain sepakbola agar mudah berbelok, mengubah tujuan arah, mengoper, maupun menendang. Sepatu sepakbola memiliki 2 tipe, yaitu untuk lapangan keras dan lapangan lembut. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya, peeps!

Sepatu futsal

Football Futsal Shoes

Sepatu futsal memiliki desain kombinasi antara sepatu sepakbola dan sepatu tenis, karena menyesuaikan lapangan futsal yang biasanya indoor. Sepatu futsal pada umumnya dirancang memiliki sol yang mirip dengan sepatu bulu tangkis. Sehingga, kita juga bisa menggunakan sepatu futsal untuk berolahraga bulu tangkis, serta bisa digunakan di permukaan lapangan yang licin.

Sepatu Tenis

Tennis Shoes

Memiliki daya cengkraman yang baik adalah salah satu kelebihan sepatu tenis. Sepatu ini dapat digunakan untuk berbagai macam olahraga, seperti bulu tangkis, squash, atau cricket. Sepatu ini dirancang untuk berpindah-pindah mengejar bola, karena bentuknya melebar ke samping, ringan, dan memiliki penopang setengah kaki.

Sepatu Basket

Basketball Shoes Nike

Olahraga basket berisiko ankle atau cidera otot. Oleh karena itu, diwajibkan pemain basket menggunakan sepatu khusus basket. Sepatu ini dirancang lebih berat, kaku, sol yang keras, dan lebar, agar memiliki kestabilan yang tinggi. Dengan desain sepatu basket, pemain dapat berlari, melompat, dan berganti arah secara tiba-tiba tanpa takut cidera.

Sepatu gym (fitness)

Gym Shoes

Sepatu gym didesain sangat ringan dan memiliki sol yang lunak dan empuk, sehingga mampu menopang tubuh pemakai saat lompat dan bergerak saat gym atau yoga. Untuk olahraga indoor, sebaiknya gunakan sepatu dengan sol yang rata seperti sepatu gym, agar tubuh kalian tetap seimbang saat angkat beban ya, peeps!

Sepatu voli

Volley

Sepatu voli dirancang khusus memiliki sol karet tebal yang memberikan cengkraman yang kuat melebihi sepatu lainnya. Dikarenakan olahraga voli biasanya dilakukan indoor dan lapangannya cukup licin. Dengan sepatu voli, pemain dapat bergerak dari sisi ke sisi dengan lincah dan aman.

Sepatu hiking

Hiking

Sepatu ini berbeda dengan sepatu olahraga lainnya. Kegiatan hiking perlu sepatu khusus agar memperkecil kemungkinan untuk cidera. Sepatu hiking dirancang untuk melindungi telapak dan pergelangan kaki agar aman selama kegiatan di luar ruangan.

Sepatu ini dilengkapi dengan sol yang bergerigi agar aman saat dipakai untuk menginjak tebing, bebatuan, atau tanah. Tidak hanya itu, sepatu ini nyaman dan berbahan tebal agar terlindung dari suhu yang ekstrem.

Sepatu golf

Golf

Sepatu golf memiliki paku lunak pada bagian bawah sol yang berguna untuk mencengkram permukaan padang rumput yang lunak atau kering. Hal ini berguna agar kita dapat mengayunkan stik golf dengan seimbang saat di padang rumput. Tidak hanya aman, sepatu golf juga nyaman dipakai lho, peeps!

Sepatu climbing

Climbing

Walaupun umumnya sepatu climbing cukup membuat kantung kering, ada baiknya tetap digunakan saat kalian ingin memanjat tebing atau dinding batu. Sepatu climbing memiliki ciri khas sol karet yang tipis dan bagian atas sepatu terbuat dari serat kain atau kulit.

Sol karet yang tipis dapat memudahkan kita untuk merasakan pijakan saat bergerak di tebing. Disarankan untuk memilih ukuran sepatu yang pas atau ketat di kaki agar menghindari terselip atau tergelincir saat mendaki.

Sepatu skateboarding

Skateboarding

Tidak semua sepatu dapat digunakan untuk skateboarding. Sepatu skateboarding dirancang khusus untuk menghindari cidera bagian tumit. Karena, olahraga ini banyak menggunakan tumit untuk mendarat. Oleh karena itu, gunakan sepatu yang sesuai agar menghindari cidera ringan ataupun berat ya, peeps!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.