daily sneakers care

MENU

Cara Membersihkan & Merawat Sepatu Suede

Bahan suede disebut dengan kulit balik atau kulit bagian belakang. Umumnya, bahan suede berasal dari kulit sapi. Bahan suede memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan bahan kulit. Bahan suede hampir mirip dengan bahan bludru atau velvet. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat sepatu non-formal atau santai.

Suede Shoes Nike

Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Suede

Bahan suede dapat digunakan untuk material tas, maupun alas kaki. Tentu, perawatan dan cara mencucinya berbeda dengan bahan lain. Bahan suede tidak tahan dengan air. Jika kamu berpikir untuk mencucinya dengan air dan deterjen, sebaiknya simak tips berikut agar sepatumu tetap awet.

1. Gunakan sikat khusus suede

Selain sensitif terhadap air, bahan suede sangat mudah untuk terkena noda kotor dikarenakan bahannya yang sangat lembut dan halus. Oleh karena itu, cobalah menggunakan sikat khusus suede. Sikat secara perlahan dan searah mengikuti serat alami.

2. Gunakan penghapus khusus suede

Selain sikat khusus suede, cobalah gunakan penghapus khusus suede untuk membersihkan noda pada sepatu. Penghapus pensil yang bersih dapat dijadikan pengganti jika tidak ada ya, peeps!

3. Bersihkan noda pada sepatu

Pada umumnya, sepatu yang terkena noda wajib segera dibersihkan. Namun berbeda dengan noda lumpur, sebaiknya diamkan noda lumpur hingga mengering secara alami. Hal ini dapat memudahkan kita untuk membersihkan noda pada sepatu.

Jika sepatu mengenai noda cair atau air hujan, segera lap dengan kain kering bersih lalu biarkan hingga sepatu mengering secara alami. Yang terpenting, hindari jemur dengan sinar matahari terik agar sepatumu tetap awet.

4. Semprotkan spray anti-air

Cara ini merupakan salah satu yang terpenting dalam merawat sepatu berbahan suede. Musuh terbesar bahan suede adalah air. Jika terkena air dan mengendap dalam waktu lama, tekstur suede akan berubah. Tentunya, tidak mudah untuk mengembalikan tekstur suede kembali seperti semula.

Oleh karena itu, semprotlah spray anti-air sebelum berpergian ke luar rumah. Hal ini dapat mencegah sepatumu terkena air dan lumpur. Intinya, sepatu suede hanya aman digunakan di indoor ya, peeps!

5. Gunakan cairan pembersih khusus suede

Langkah terakhir yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan pembersih khusus suede. Pembersih khusus suede dapat membantu agar tekstur dan kualitas material sepatumu tetap terjaga. Tanpa menggunakan air, kamu bisa memoles sepatu hingga bersih seperti semula.

6. Bawa ke jasa profesional perawatan sepatu

Merawat dan membersihkan sepatu merupakan hal yang cukup sulit diterapkan. Tentunya, kita yang tidak punya waktu dan ilmu dalam merawat sepatu, akan menjadi pe-er. Jika salah langkah dalam merawatnya, beresiko akan merusak sepatu secara permanen.

Oleh karena itu, kalian bisa menyerahkan sepatu kesayangan kalian ke ahli atau jasa profesional dalam perawatan sepatu. Mereka yang sudah ahli dan berpengalaman, akan membantu kalian mencari solusi dalam segala permasalahan sepatu.

Jika kalian masih asing dengan laundry sepatu, percayakan ke Fresclean Shoes Laundry. Mengapa? Karena kami menawarkan berbagai layanan yang kalian butuhkan, dari deep clean, repair, repaint, restitch, hingga leather treatment. Sepatu yang nyaris kamu buang, mendapat kesempatan hidup kembali. Segera konsultasikan masalah sepatumu dengan kami sebelum terlambat!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.