daily sneakers care

MENU

Perbedaan Sepatu Running & Bulu Tangkis

Sepatu menjadi salah satu poin utama dalam olahraga. Tidak hanya mencegah risiko cidera, namun memilih sepatu olahraga yang tepat dapat membantu kita agar fokus dan meraih performa terbaik.

Hingga saat ini, masih banyak yang tidak begitu mementingkan sepatu yang dipakai saat berolahraga. Sebagai contoh, beberapa orang memakai sepatu running saat bermain bulu tangkis. Walaupun risikonya tidak besar, namun ada beberapa dampak buruk, lho! Oleh karena itu, mari simak beberapa perbedaan dari sepatu running dan bulu tangkis!

Badminton

Sol

Ini bisa dibilang salah satu perbedaan terbesar antara kedua sepatu ini. Solnya dibuat sangat berbeda karena memiliki tujuan yang berbeda.

Ketebalan Sol

Dari segi ketebalan sol, sepatu lari pastinya lebih tebal dan tahan lama. Di sisi lain, sepatu bulu tangkis sebenarnya memiliki sol dalam dan luar yang sangat tipis. Hal ini dilakukan dengan sengaja karena berbagai alasan.

Dengan sol yang tipis, kalian bisa lebih merasakan tanah saat bermain bulu tangkis. Dalam bulu tangkis, ada banyak gerakan eksplosif yang perlu dilakukan. Semakin kalian bisa merasakan tanah, semakin besar pula ledakan yang kalian dapat.

Untuk sepatu lari, solnya perlu dibuat lebih tebal agar tidak terlalu menginjak tanah. Ini akan melindungi kaki kalian dari rasa sakit saat berlari dalam waktu lama.

Bahan Sol

Sepatu bulutangkis dan sepatu lari memiliki sol yang terbuat dari bahan yang sangat berbeda. Sol sepatu bulu tangkis terbuat dari gum rubber dan sol sepatu lari terbuat dari rubber. Gum rubber dan rubber itu berbeda. Ya, keduanya karet tetapi tipenya berbeda.

Gum rubber lebih lembut, tipis, lebih fleksibel namun kurang tahan lama dibandingkan bahan rubber yang digunakan pada sepatu lari. Dan juga, gum rubber biasanya berwarna kuning.

Fleksibilitas

Menjadi fleksibel penting dalam bulu tangkis. Bukan hanya tubuhmu, tapi juga sepatumu. Sepatu bulu tangkis sangat fleksibel jika dibandingkan dengan sepatu lari. Pasalnya, dalam bulu tangkis banyak jenis gerakan cepat yang perlu dilakukan.

Sepatumu harus bisa menyesuaikan dengan bentuk kaki, apa pun gerakan yang dilakukan. Gerakan-gerakan tersebut antara lain lunge, jumping, sidestep, dll. Dengan sepatu yang fleksibel, kamu akan dapat melakukan gerakan cepat tersebut dengan lebih nyaman dan cepat.

Di sisi lain, sepatu lari tidak memiliki fleksibilitas yang besar karena tidak diperlukan. Seringkali saat berlari, kalian hanya berlari lurus ke depan. Gerakannya selalu serupa. Hanya ada sedikit manuver atau perubahan arah yang perlu dilakukan. Berbeda dengan bulutangkis di mana kalian harus ke kiri lalu segera mundur dan menangkap pukulan di sebelah kanan.

Pusat gravitasi

Pasalnya, sol, terutama bagian tumit sepatu lari, cukup tinggi. Hal ini tidak terjadi pada sepatu bulutangkis. Biasanya datar dan tidak memiliki sol yang tinggi. Faktanya, hal ini dilakukan untuk memberikan pemain bulu tangkis pusat gravitasi yang lebih rendah sehingga memiliki keseimbangan yang lebih baik.

Dengan sepatu lari, memiliki pusat gravitasi yang rendah tidak menjadi masalah karena hanya bergerak satu arah. Kalian tidak memerlukan banyak keseimbangan untuk itu dan bantalan lebih penting.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.