daily sneakers care

MENU

Jenis-jenis Bahan Tas dengan Kualitas Terbaik

Berbagai model tas telah beredar di pasaran. Dari tas tangan, tas selempang, clutch, tas pinggang, dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari model, para pecinta tas tentunya mempertimbangkan dari kualitas bahan yang digunakan. Namun, apakah bahan yang enak dilihat sudah pasti terjamin keawetan dan kualitasnya? Yuk, kita simak beberapa jenis bahan tas berkualitas yang paling umum, serta kelebihannya!

Leather Bag

1. Kulit (Leather)

Leather Bag

Tas berbahan kulit atau leather sangat tenar dikalangan remaja ataupun dewasa. Biasanya bahan kulit dapat digunakan dalam pembuatan tas tangan, clutch, tas ransel, dan sebagainya. Ketenarannya ini disebabkan tampilannya memiliki kesan mewah dan elegan, serta terlihat kokoh. Bahan kulit itu sendiri biasanya berasal dari kulit sapi. Oleh karena itu, tas berbahan kulit asli dihargai cukup mahal di pasaran. Sebagian produsen tas kulit mencoba beralih menggunakan bahan alternatif kulit imitasi atau faux leather yang merupakan campuran dari berbagai bahan sintetis agar dapat menyerupai bahan kulit asli. Namun, pastinya kualitas dari kulit sintetis tidak sekokoh kulit asli. Perawatannya cenderung tidak terlalu sulit, namun disarankan serahkan kepada ahlinya atau jasa professional agar tetap awet dan terjaga kualitasnya.

2. Kanvas

Canvas Bag

Bahan kanvas banyak digunakan dalam pembuatan tas jinjing dan totebag. Selain awet, tas berbahan kanvas juga mudah dibersihkan, ringan, dan kuat. Tas ini biasanya dapat dihias dengan berbagai macam aksesoris ataupun disablon. Umumnya, tas berbahan kanvas relatif aman di kantong, karena biaya produksinya pun tidak mahal. Oleh karena itu, tas ini banyak digunakan oleh pelajar, maupun remaja.

3. Cordura

Waist Bag

Tidak hanya untuk pakaian, bahan corduroy juga dapat digunakan untuk pembuatan tas. Serat corduroy dapat dibuat dari katun, campuran katun dengan bahan lain, seperti polyester dan wol. Ciri khas bahan ini ialah tebal, bertekstur unik, berbahan lembut, dan terlihat keren. Namun, perawatan dari bahan cordoruy harus diperhatikan, karena bahan yang rentan rusak, bahan corduroy tidak dianjurkan dicuci dengan cara disikat, maupun dikucek terlalu keras.

4. Polyester

Polyester

Sesuai namanya, bahan ini terbuat dari campuran polimer (plastik) dan ester yaitu campuran dari berbagai bahan, salah satunya minyak bumi. Kelebihan dari bahan polyester ialah daya tahan tinggi, awet, tahan air, dan harganya terjangkau. Tidak hanya itu, perawatannya pun cukup mudah dibandingkan dengan bahan lain. Untuk membersihkannya cukup dengan teknik dry clean, karena bahannya berdaya tahan tinggi, teknik ini tidak akan merusak bahan polyester.

5. Spunbond

Spunbond

Ramah lingkungan, salah satu kelebihan dari bahan spundbond. Bahan ini banyak digunakan oleh supermarket untuk tas belanja, maupun restoran untuk wadah makanan takeaway. Spunbond berasal dari biji plastik atau polypropylene yang berserat rapat sehingga bahan ini kuat. Walaupun berbuat dari biji plastik, bahan ini masuk dalam kategori ramah lingkungan karena mudah didaur ulang. Selain ramah lingkungan, tas dengan bahan ini juga tahan air dan awet.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.