daily sneakers care

MENU

Cara Mencuci & Merawat Helm dengan Tepat

Helm merupakan perlengkapan berkendara yang wajib dipakai saat mengendarai sepeda motor. Helm perlu rutin dibersihkan karena selalu terkena debu atau kotoran saat berkendara. Hal ini wajib dilakukan demi kebersihan kepala pengendara. Tidak hanya itu, jika kita rutin membersihkannya, kepala kita akan terhindar dari iritasi kulit yang mengakibatkan kepala berketombe.

Namun, walaupun benda ini menjadi salah satu benda penting dalam berkendara, tidak setiap pengendara mengetahui cara mencuci helm dengan benar. Jika kita mencuci dengan cara yang asal-asalan, tentunya akan merugikan kita dalam waktu dan materi. Mengapa? Karena cara mencuci yang salah, alhasil helm kita bisa menjadi berjamur dan bau. Maka itu, disini mari kita bahas langkah-langkah yang tepat untuk mencuci helm!

Helmet

Langkah-langkah Mencuci Helm

1. Lepas & Bersihkan Kaca Helm

Pertama-tama, lepaskan kaca helm atau visor untuk memudahkan proses mencuci. Jika kaca helm sulit dilepas, maka cukup pastikan bagian dalam kaca helm benar-benar terjamah saat proses mencuci agar bersih sempurna dari debu. Setelah kaca berhasil dilepas, bersihkan dengan kain lap lembut pada bagian dalam dan luar kaca helm. Jangan gunakan lap yang kasar, karena akan menimbulkan goresan pada kaca. Setelah itu, kalian bisa poles wax ke bagian kaca agar kaca terlihat bening kembali.

2. Lepas & Bersihkan Busa Helm

Setelah itu, lepaskan busa helm. Namun, pastikan helm tersebut memiliki fitur removable padding atau busanya dapat dilepas. Rendam busa selama 10-20 menit dengan campuran air hangat dan cairan pembersih. Hal ini berguna untuk mematikan kuman dan bakteri. Setelah itu, peras secara hati-hati, karena jika terlalu keras akan rusak. Jemurlah di sinar matahari sampai benar-benar kering. Kalian juga bisa semprotkan pewangi ya, peeps!

3. Cuci Bagian Dalam Helm

Langkah selanjutnya adalah mencuci bagian dalam helm. Gunakan air dingin dan cairan pembersih untuk mencuci bagian dalam helm. Untuk tali helm, gunakan air hangat dan sikat dengan sikat lembut. Jika ada sisa-sisa noda di sela-sela tali atau bagian dalam helm, kalian bisa bersihkan dengan sikat kecil.

Helmet

4. Cuci Bagian Luar Helm

Selain membersihkan bagian dalam, bagian luar helm juga perlu dibersihkan. Kalian hanya perlu mengelap bagian luar helm dengan kain lap lembut dan air bersih, agar cat tidak mengelupas. Jika sudah kering, oleskan wax agar terlihat mengkilap.

5. Pasang Kembali Bagian Helm

Jika semua bagian sudah bersih dan kering sempurna, pasang kembali setiap bagian helm. Pasang dengan hati-hati agar tidak lecet atau rusak. Pastikan semua bagian telah dipasang dengan benar dan tidak ada yang terlewat.

6. Semprotkan Pewangi Helm

Setelah seluruh proses mencuci selesai, langkah terakhir yang menjadi poin tambahan ialah menyemprotkan pewangi pada helm. Pilihlah wewangian yang mudah meresap dan mengandung antiseptik untuk meminimalisir bau dan kuman.

Tips Perawatan Helm

Tak hanya dengan dicuci, helm juga perlu diperhatikan cara merawatnya. Sama seperti benda lain, jika tidak dirawat akan cepat rusak, bahkan secara permanen. Beberapa tips dibawah ini wajib kamu perhatikan, agar tidak merugikan waktu dan materi. Yuk, simak!

helmet

1. Rutin Mencuci Helm, Namun Tidak Berlebihan

Disarankan untuk rutin mencuci helm minimal 2 kali dalam sebulan. Hal ini berguna demi kebersihan diri kita sebagai pengendara, tentunya agar terhindar dari bakteri dan kuman yang mengakibatkan iritasi kulit. Namun, mencuci helm terlalu sering juga tidak disarankan, karena hal ini dapat membuat helm cepat rusak. Untuk sehari-hari, kalian hanya perlu pastikan helm kalian tidak lembab.

2. Serahkan pada Jasa Professional

Memang, mencuci dan merawat suatu benda tidak semudah yang kita bayangkan. Bahkan, sering kali kita tidak punya waktu untuk melakukan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya kita serahkan kepada ahlinya atau jasa professional, seperti Fresclean Shoe Laundry. Berbagai pengalaman dan percobaan dalam merawat dan membersihkan helm, mereka mampu membuat helm kamu tetap terlihat baru dan bersih!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.