daily sneakers care

MENU

Mengapa Sepatu Menjadi Rusak Jika Disimpan Terlalu Lama?

Sepatu merupakan salah satu benda yang penting bagi kehidupan kita. Selain untuk melindungi kaki, sepatu juga menjadi aspek penting dalam berpenampilan. Ada sebagian orang yang membeli sepatu untuk digunakan sehari-hari, dan ada juga yang sekedar membeli untuk dijadikan koleksi dengan menaruhnya di rak atau kotak penyimpanan. Padahal, sepatu yang disimpan terlalu lama di kotak ataupun rak atau jarang digunakan, akan berpotesi lebih mudah mengalami kerusakan. Lalu, apakah penyebabnya dan cara terbaik agar sepatu kita tidak cepat rusak saat disimpan? Yuk simak!

Shoes Rack

Faktor Utama Sepatu Menjadi Cepat Rusak

Umumnya, sepatu dibuat berasal dari bahan polyurethane sebagai lapisan antara sol sepatu dengan bagian atas sepatu. Dikarenakan bahan polyurethane bersifat ringan, fleksibel, anti-selip, dan menahan guncangan. Walaupun banyak kelebihan dari bahan tersebut, bahan ini juga tentu mempunyai kekurangan. Salah satunya ialah dapat mengalami proses penuaan alami. Bagian sol lama-kelamaan akan pecah karena pengaruh dari kelembapan udara. Dalam jangka panjang, kelembapan udara dapat menyebabkan kegagalan fungsi polyurethane sebagai pelapis sepatu.

Karena itu, sepatu akan menjadi rusak jika terlalu lama disimpan did alam rak atau kotak sepatu, terlebih jika udaranya lembab atau tidak bersikulasi udara yang baik. Beberapa jenis sepatu yang poliuretannya rusak bisa diperbaiki dengan cara mengganti lapisan dengan bahan etilvinil asetat atau EVA. Bahan ini membuat sepatu dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan sepatu yang masih memakai poliuretan. Namun, sepatu jadi kurang lentur saat dipakai.

Cara Menyimpan Sepatu dengan Benar

Setelah kita mengetahui faktor utamanya, kali ini kita akan membahas beberapa tips agar sepatu kita tidak cepat rusak saat disimpan lama dalam rak atau kotak, ataupun kita jarang memakainya.

1. Pilihlah rak atau tempat penyimpanan yang bersirkulasi baik

Shoes

Mengingat kembali faktor utama sepatu kalian bisa cepat rusak. Ya, lembabnya udara dalam rak atau kotak penyimpanan. Disarankan untuk memilih tempat yang bersirkulasi udara yang cukup, hal ini dapat mencegah bertumbuhnya jamur dan merusak sepatu, serta terhindar dari bau tidak sedap.

2. Bersihkan Sepatu Sebelum Disimpan

Shoes Cleaner

Sebelum kita menyimpan sepatu, sebaiknya pastikan sepatu kalian bersih dan tidak ada noda kotor tertinggal. Jika noda kotor didiamkan terlalu lama, pastinya akan lebih sulit dibersihkan dan lama-kelamaan akan merusak sepatu. Pastikan juga sepatu kalian benar-benar kering dan hindari mengeringkan di sinar matahari secara langsung agar sepatu kalian tidak cepat berubah warna. Jika kalian takut salah langkah dalam membersihkannya, jangan ragu untuk serahkan ke ahlinya atau jasa professional Fresclean Shoe Laundry. Kotor, rusak, ataupun berubah warna bisa kembali seperti sepatu baru, lho!

3. Jagalah Bentuk Sepatu

Shoe Tree

Jangan salah, hal sepele ini tentu tidak semua orang dapat menerapkannya. Mengapa hal ini menjadi aspek penting? Karena dapat membantu bentuk sepatu tetap normal atau tidak berubah seperti masih baru. Kalian bisa mengisi sepatu dengan kertas atau tisu bersih, ataupun kalian bisa gunakan shoe-tree yang dapat kalian beli toko sepatu terpercaya atau Fresclean Shoe Laundry.

4. Gunakan Silica Gel

Bagi yang masih asing atau tidak mengetahui fungsi dari silica gel, mari merapat! Silica gel berfungsi untuk menyerap kelembapan dan mencegah kerusakan akibat kelembapan. Silica gel sangat efektif untuk menjaga lingkungan sekitarnya tetap kering. Oleh karena itu, jika kalian ingin meletakan sepatu kalian di kotak sepatu, janganlah membuang silica gel yang terdapat dalam kotak tersebut. Walaupun kecil, namun silica gel sangat berguna untuk mencegah rusaknya sepatumu!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.