daily sneakers care

MENU

Tips Memilih Sepatu Basket yang Tepat & Berkualitas

Olahraga basket sangat digemari oleh berbagai kalangan, dari laki-laki sampai perempuan. Olahraga ini dimainkan di lapangan indoor, maupun outdoor. Tidak hanya bermodalkan bola basket dan lapangan untuk memainkan olahraga ini, sepatu pun penting untuk dipertimbangkan kualitasnya. Sepatu basket berkualitas ialah sepatu yang nyaman dan aman dikenakan. Tidak hanya itu, sepatu yang berkualitas juga menghindari pemain dari risiko cidera saat melakukan olahraga basket.

Sepatu basket yang didesain jaman sekarang juga terlihat mewah dan mahal. Namun, bukan soal kemewahan, kita harus benar-benar memilih sepatu basket yang sesuai dengan gaya kita saat bermain di lapangan. Dengan berbagai pergerakan kita saat bermain basket, dari lompat, lari, atau mengubah arah secara mendadak, sepatu basket yang baik dapat melindungi kaki kita dari tekanan tersebut. Oleh karena itu, mari kita bahas beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu basket yang berkualitas!

Nike Basketball Shoes

1. Memilih Sepatu dengan Ukuran yang Sesuai

Meski terlihat sepele, hal ini merupakan poin penting dalam memilih sepatu basket. Dengan memilih ukuran yang tepat dan sesuai, tentu akan membuat kita bermain dengan nyaman dan menghindari cidera atau nyeri pada kaki, dikarenakan tekanan saat bermain basket. Sebelum membeli, pastikan mengukur kaki kalian dengan benar. Ukur dari ujung jari sampai tumit paling belakang.

2. Perhatikan Ketinggian Upper

Sepatu basket sendiri dapat dibedakan ke dalam tiga tipe upper: High Top, Mid-Top, dan Low Top. Tipe upper ini ditentukan oleh gaya permainan dan pilihan. Berikut ini penjelasan tiap tipe uppernya:

High Top

Upper dengan katergori high biasanya memiliki ciri khas yaitu melindungi bagian ankle dan juga paling mempunyai stabilitas yang bagus. Akan tetapi, karena materialnya lebih banyak dari tipe lainnya, model ini memiliki bobot yang lebih berat.

Mid-Top

Model ini mempunyai tinggi hanya sebatas ankle, selain itu saat menggunakan sepatu basket jenis ini bisa menambah kelincahan saat bermain dan bobot sepatu basket ini lebih ringan dari model High Top.

Low Top

Model upper ini memiliki keuntungan bobot yang paling ringan diantara model upper lainnya. Sepatu basket ini sangat membantu untuk permainan yang lincah dan cepat di lapangan. Namun, sepatu ini tidak banyak memberikan perlindungan terhadap ankle.

Basketball shoes hang in ring

3. Ketahui Jenis Permainan Basketmu

Selanjutnya, tipe permainan apakah kalian? Apakah kalian adalah tipe pemain yang suka cutting and slashing dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahan? Atau tipe pemain yang suka post-up atau beradu badan dengan pemain-pemain big man? Nah, mengetahui tipe permainan adalah salah satu kunci dalam menentukan sepatu basket yang tepat untuk dipakai.

Berikut ini adalah tipe permainan yang paling umum dan tipe sepatu basket yang paling tepat untuk mendukung tipe permainan:

Power Player

Secara umum tipe permainan ini adalah yang paling banyak mengandalkan post-up, beradu badan di area low post adalah yang biasa untuk tipe ini. Karena tipe permainan ini, seorang power player membutuhkan sepatu dengan stabilitas dan perlindungan extra. Oleh karena itu, sepatu basket yang paling tepat untuk digunakan adalah High Top atau Mid Top.

All Around Player

Tipe permainan ini mengkombinasikan setiap aspek dalam pertandingan, baik itu post-up, slashing atau cutting. Oleh karena itu, tipe permainan seperti ini membutuhkan dukungan sepatu dengan kelenturan dan perlindungan yang baik. Mid Top adalah sepatu basket yang tepat untuk pemain tipe ini.

Speedster

Pemain ini biasanya memiliki karakter bermain yang cepat mengandalkan kelincahan dan kecepatan di lapangan. Mereka tidak ingin adanya berat tambahan pada sepatu basket yang digunakan, oleh karena itu Low Top adalah sepatu basket yang paling cocok mereka pakai.

Nike Basketball Shoes

4. Perhatikan Bagian Midsole dan Outsole

Selain memperhatikan bagian upper, disarankan untuk perhatikan bagian midsole dan outsole sepatu. Pilihlah sepatu basket dengan bantalan tambahan pada bagian midsole, untuk memberi kenyamanan ekstra saat digunakan. Bantalan yang cukup populer biasanya terbuat dari bahan EVA, compressed EVA, polyurethane, atau kombinasi dari ketiga bahan tersebut.

Selanjutnya, lebih baik memilih outsole dari sepatu basket dengan bahan yang terbuat dari karet atau bahan sintetis. Hal ini dapat membantu memaksimalkan traksi dari sepatu yang digunakan. Lalu, ada baiknya untuk memilih sepatu basket dengan bagian outsole yang cukup datar dan lebar supaya memberi keseimbangan lebih maksimal. Selain itu, pilihlah outsole dengan pola herringbone dan heksagonal, sebab pola tersebut dirancang untuk mengamankan kaki dan mencegah risiko tergelincir saat bermain basket.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.