daily sneakers care

MENU

Tips Memilih Sepatu Hiking yang Tepat

Hobi mendaki gunung atau hiking sangat digemari oleh beberapa kalangan yang suka mengeksplorasi alam. Tentunya, kegiatan di alam terbuka ini perlu dipersiapkan segala macam perlengkapan, salah satunya sepatu. Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting yang harus diperhatikan. Selain untuk melindungi kaki, juga menjadi aspek penting dalam mencegah terjadinya cidera kaki.

Kita tentunya tidak ingin hal tidak baik terjadi saat mendaki gunung, seperti cidera, nyeri, terkilir, atau lecet, dikarenakan tidak memilih sepatu hiking yang tepat. Oleh karena itu, kita perlu benar-benar memilih sepatu hiking yang tepat dan nyaman dikenakan. Ada beberapa tips untuk memilih sepatu hiking, agar kegiatan mendakimu tetap seru dan terhindar dari bahaya!

Hiking

1. Memilih Sepatu dengan Ukuran yang Benar

Hal penting pertama ialah memilih sepatu dengan ukuran yang benar. Jika selama ini kita menggunakan alas kaki atau sepatu dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan kaki. Ternyata untuk sepatu hiking ada sedikit pengecualian. Untuk mendapatkan sepatu hiking yang nyaman, kita sebaiknya memilih ukuran yang sedikit lebih besar dari kaki, dan pastikan ada sedikit ruang di ujung kaki. Mengapa? Tujuannya adalah agar nyaman dan kaki tidak terasa sakit saat melakukan kegiatan mendaki.

Jika kita menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas dengan kaki, maka ujung jari kaki bisa sangat tersiksa karena akan terasa tertekan dan mengalami himpitan di ujung sepatu. Sehingga akan berakibat cedera seperti kuku kaki yang lepas. Sementara itu, kita bisa dengan menggunakan kaos kaki ganda agar kaki terus terlindungi dari gesekan, serta terlindung dari udara gunung saat malam hari.

2. Pertimbangkan Medan Pendakian

Terdapat beberapa jenis leher sepatu hiking yang bisa dipilih. Sepatu hiking yang nyaman dan berkualitas ialah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan pendaki itu sendiri. Untuk melakukan pendakian dengan medan pegunungan atau bukit yang medannya cukup ringan, kita bisa memilih sepatu dengan leher pendek saja.

Sebaliknya, jika kita melakukan pendakian dengan medan yang cukup sulit dan terjal, maka sepatu dengan leher tinggi bisa dipilih untuk kegiatan pendakian. Tentu saja, perlindungan yang diberikan oleh leher sepatu yang tinggi lebih maksimal untuk melindungi kaki serta bagian atas mata kaki.

Hiking

3. Memilih Leher Sepatu yang Nyaman

Tidak dari panjang lehernya saja yang ga penting, bahkan kita perlu perhatikan bahan yang terdapat di sepatu hiking kita. Leher sepatu hiking yang baik ialah yang berbahan lembut dan mampu menutupi atau melindungi bagian atas tumit. Pasalnya, bagian ini yang paling sering tergesek saat melakukan pendakian. Hindari memilih sepatu dengan lidah yang keras, hal ini untuk menghindari kita dari cidera kulit dan merasa sakit pada bagian atas tumit.

4. Memilih Sol yang Nyaman

Sol dari sepatu hiking tidak bisa disamakan dengan sol sepatu yang kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Biasanya sol dari sepatu hiking didesain khusus untuk pendakian di permukaan yang cenderung licin dan berbatu. Maka itu, pilihlah sol sepatu hiking yang memiliki ceruk tajam dan punggung sol yang tinggi. Tidak hanya itu, pastikan memilih sol yang besar dan kuat, serta berbahan karet maupun sintetis. Hal ini untuk membantu pijakan kita menjadi nyaman dan kuat saat melakukan pendakian.

Hiking

5. Perhatikan Bahan Sepatu

Untuk memilih sepatu hiking yang nyaman, tentunya kita perlu memperhatikan bahan dari sepatu tersebut. Disarankan untuk memilih sepatu hiking berbahan mesh. Hal ini dapat membantu kaki kita untuk ‘bernapas’. Serta, hindari memilih sepatu hiking berbahan kulit, karena bahan kulit kurang sesuai untuk penguapan.

Saat melakukan aktivitas tinggi seperti mendaki, suhu tubuh kita menjadi lebih panas. Oleh karena itu, bahan mesh dianjurkan untuk sirkulasi udara yang baik. Hal ini dapat mengurangi kaki berkeringat dan berbau tidak sedap.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.