daily sneakers care

MENU

Tips Memilih Sepatu Futsal agar Terhindar dari Cidera

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang biasanya dimainkan di dalam ruangan. Olahraga ini membutuhkan perlengkapan khusus agar menghindari cidera saat bermain. Sepatu yang tepat adalah jawabannya. Memilih sepatu yang tepat dapat membantu pemain untuk bermain dengan performa terbaik. Namun, ternyata sepatu futsal berbeda dengan sepatu sepak bola biasa. Karena dua olahraga ini dimainkan di lapangan yang jelas berbeda. Oleh karena itu, mari kita bahas beberapa tips dalam memilih sepatu futsal yang tepat!

1. Memilih Ukuran Sepatu yang Pas

Bagi yang pertama kali membeli sepatu olahraga, ada baiknya tidak membeli di online. Membeli sepatu di toko fisik memungkinkan kita untuk mencoba sepatu secara langsung. Hal ini dapat memudahkan kita untuk menemukan sepatu yang tepat. Pastikan untuk memilih ukuran lebih besar 1 cm dari panjang kaki kalian agar kaki terasa nyaman dan dapat bergerak maksimal.

2. Mengetahui Bentuk Kaki

Tidak semua kaki berbentuk sama, adanya yang lebih lebar atau tebal. Untuk menentukan sepatu yang tepat, kita perlu mengetahui bentuk kaki kita. Jika kaki kalian cenderung lebar atau tebal, sebaiknya memilih ukuran lebih besar 0,5 – 1cm dari ukuran biasanya. Selain terasa nyaman, tentu hal ini mencegah kaki kita lecet karena sempit.

Futsal

3. Memilih Bahan Sepatu yang Sesuai

Umumnya, sepatu futsal diproduksi dengan bahan kulit, karbon, imitasi, dan kain. Dari beberapa bahan tersebut, bahan yang paling sering digunakan yaitu karbon. Bahan ini memiliki beberapa keunggulan, seperti tahan lama, ringan, dan nyaman dipakai untuk berlari. Sebaliknya, bahan yang harus dihindari ialah imitasi. Bahan ini tidak awet dan kurang nyaman untuk bermain.

4. Pilih Sepatu sesuai Peranan di Lapangan

Teknik dan peran di atas lapangan futsal juga menjadi faktor penting dalam menentukan sepatu futsal yang tepat. Untuk pemain dengan tipikal penembak, sepatu yang ketat pada bagian sisi-sisi kaki pantas jadi pilihan. Bagi pemain yang suka dribbling, sepatu dengan beban yang ringan dapat mempermudah pergerakan.
Lalu untuk pemain yang berperan penting memberikan umpan-umpan kepada rekannya harus memilih sepatu dengan sol agak lebar. Sepatu sol lebar itu akan memudahkannya dalam mengirimkan umpan atau mengontrol bola. Sementara bagi kiper, pilihlah sepatu yang memberikan kenyamanan lebih ketika dipakai bergerak dari samping ke samping.

5. Pertimbangkan Bahan Punggung Sepatu

Bahan punggung atau upper sepatu futsal sering menjadi penentu pemakainya dapat bergerak dengan nyaman atau tidak. Secara umum, sepatu futsal memiliki bahan upper leather dan upper synthetic. Upper synthetic biasa dipilih para pemain pemula karena murah. Hanya saja, upper synthetic memiliki kontur kaku dan kurang nyaman dipakai. Pilihan terbaik tentu sepatu futsal dengan upper leather yang konturnya dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki.

6. Perhatikan Tipe Sepatu

Sepatu futsal memiliki dua tipe, yaitu Turf dan Indoor. Sepatu dengan tipe turf lebih banyak dikenakan ketika bermain di lapangan turf. Hal itu karena sepatu tipe turf kurang nyaman dipakai di lapangan indoor. Sementara tipe indoor lebih luwes penggunaannya. Sepatu ini cocok dipakai di lapangan indoor vinyl, taraflex, hingga lapangan semen.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.