daily sneakers care

MENU

Cara Membersihkan Koper dengan Mudah dan Tepat

Entah bepergian jarak jauh, jarak dekat, dalam waktu yang lama, maupun sebentar, koper menjadi salah satu perlengkapan penting yang dipakai. Koper menjadi peran penting sebagai tempat penyimpanan pakaian, makanan, dan juga perlengkapan kita untuk bepergian. Tanpa koper, tentu untuk menata itu semua menjadi lebih sulit dan tidak rapi. Namun ternyata, walaupun koper memegang peran penting untuk kehidupan traveling kita, sering kali kita menganggap remeh dalam merawat koper. Hal yang paling dasar ialah rutin membersihkannya, karena hal ini dapat mencegah koper cepat rusak dan berjamur. Oleh karena itu, disini kita akan membahas beberapa langkah mudah untuk membersihkan koper dengan tepat, yuk simak!

Persiapan

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah membersihkan koper, kita perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan. Berikut alat dan bahan yang perlu kalian siapkan untuk proses pembersihan:

Alat Bahan
Sikat halus atau sikat gigi Baking soda
Kain lap lembut Air hangat
Penghapus (opsional) Sabun cuci piring
Vacuum cleaner (opsional) Cairan pembersih khusus (opsional)

Langkah-langkah Membersihkan Koper
Jika kalian sudah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan, mari kita lanjut ke langkah-langkah membersihkan koper. Berikut langkah-langkah yang perlu kalian perhatiakan:

1. Keluarkan isi koper

Sebelum koper mulai dibersihkan, pastikan koper sudah dalam keadaan kosong. Hal ini memudahkan proses pembersihan dan menghindari kerusakaan barang-barang yang berada di dalam koper.

2. Lepaskan seluruh lapisan yang memungkinkan dilepas

Untuk lebih memudahkan proses pembersihan, sebaiknya lepas seluruh komponen yang memungkinkan dilepas, seperti roda, saku tambahan, kain, dan lainnya. Hal ini berguna agar koper dapat dibersihkan dengan maksimal.

3. Campurkan air dan sabun cuci piring

Setelah itu, siapkan wadah atau ember untuk mencampur air dan sabun cuci piring. Campur hingga mengeluarkan busa.

4. Gunakan kain lap untuk membersihkan koper

Lap seluruh permukaan koper dengan kain lap yang dicelupkan ke campuran air sabun. Lap semua bagian, dari yang tidak bernoda, hingga yang menempel noda dan debu. Untuk noda debu atau noda yang sulit dibersihkan, kalian bisa gosok dengan kain lap secara perlahan hingga noda menghilang.

5. Gunakan sikat untuk noda yang membandel

Untuk bagian noda yang membandel pada koper berbahan kain atau kulit, kalian bisa gunakan sikat halus atau sikat gigi yang dibasahi dengan air sabun. Sikat dengan lembut, pastikan permukaan koper tidak rusak karena digosok terlalu kencang.

6. Gunakan penghapus untuk bagian yang tergores

Kalian bisa gunakan penghapus untuk bagian yang tergores atau baret. Penghapus mampu memudarkan bekas baret pada koper hard case. Langkah ini dapat kalian coba setelah koper dalam keadaan kering.

7. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal

Setelah itu, kalian bisa lap dengan kain bersih yang dibasahi air untuk membersihkan sisa sabun pada koper. Pastikan kalian menyekanya sampai benar-benar bersih dan tidak meninggalkan residu.

8. Keringkan

Terakhir, keringkan koper dengan kain lembut atau lap yang bersih dan kering. Pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian koper secara merata dan menyeluruh. Jangan menyimpan koper sebelum benar-benar kering, karena kelembaban yang terjebak di dalam koper dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau karat pada koper.

Kalian juga bisa gunakan kipas angin untuk mengeringkan koper. Setelah sudah selesai mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa pasang kembali komponen koper yang telah dilepas sebelumnya.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.