daily sneakers care

MENU

Cara Membersihkan Koper Sesuai Jenis Bahannya

Koper merupakan perlengkapan penting untuk bepergian jarak jauh, maupun dekat. Koper memiliki banyak kegunaan, salah satunya memudahkan kita untuk menata barang bawaan dengan rapi dan tertata. Sayangnya, banyak orang menyepelekan dalam hal merawat koper sehingga koper tidak tahan lama dan munculnya jamur, bahkan koper bisa rusak secara permanen. Dengan kita rutin membersihkan koper, tentunya kita akan menghindar hal tersebut. Berikut beberapa tips membersihkan koper berdasarkan jenis bahannya:

Koper berbahan polyster / ballistic nylon

Koper dengan bahan polyster memiliki keunggulan, yaitu sangat mudah diurus dan tidak butuh waktu lama untuk membersihkannya. Gunakan sikat nylon yang lembut dan celupkan dalam larutan air hangat dan sabun berformula ringan atau cairan pembersih khusus. Bersihkan seluruh permukaan koper. Kamu juga bisa menggunakan kain lap berbahan nylon untuk membersihkannya.

Koper berbahan polycarbonate

Koper hard case yang terbuat dari bahan polycarbonate juga tidak terlalu sulit untuk untuk dibersihkan. Kalian cukup menggunakan kain lap yang dicelupkan ke larutan air hangat dan sabun pencuci piring atau cairan pembersih khusus. Bersihkan seluruh permukaan koper dan gunakan kain basah bersih untuk menyeka sisa sabun, kemudian keringkan permukaan koper dengan kain kering. Jika koper kalian memiliki goresan atau lecet ringan, gunakan penghapus untuk membersihkannya atau spons abrasif dan pasta gigi. Bersihkan residunya dengan kain lap kering.

Koper berbahan kulit

Koper dengan bahan kulit memiliki beberapa cara membersihkannya sesuai dengan kondisi koper. Berikut beberapa cara:

1. Koper kulit bernoda ringan / debu

Bersihkan dengan tisu basah bebas alkohol atau tisu basah khusus bayi, lalu keringkan dengan handuk lembut atau kain microfiber. Jika Anda memiliki pembersih khusus kulit yang berbentuk spray, disarankan untuk tidak langsung menyemprotkannya ke kulit koper. Semprotkan spray ke kain yang lembut, usap perlahan ke permukaan koper hingga bersih seluruhnya, namun hati-hati jangan sampai kulit terlalu basah.

2. Koper kulit bernoda tinta dari pulpen

Bersihkan dengan cotton bud yang ujungnya dibasahi dengan alkohol. Bersihkan bagian yang terkena tinta dengan cotton bud tersebut hingga bersih. Tidak perlu khawatir meskipun pada ujung cotton bud terlihat ada lunturan warna dari koper kalian.

3. Koper kulit terkena noda berminyak

Segera lap noda berminyak dengan kain kering, lalu ambil sejumput tepung maizena dan oleskan ke bagian yang kotor hingga noda minyak terserap. Sikat perlahan dengan sikat gigi lembut dan bersihkan dengan lap kering.

4. Koper kulit terkena noda cair (kopi / teh)

Gunakan kain microfiber yang ujungnya dibubuhi sabun mandi berformula lembut atau cairan pembersih khusus. Gosokan ke bagian yang terkena noda dengan gerakan melingkar. Usahakan tidak meleber ke area yang bersih.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.