daily sneakers care

MENU

Cara Mencuci dan Tips Perawatan Tas Kanvas

Tas menjadi salah satu penopang penampilan. Tas juga berguna untuk memudahkan kita membawa banyak barang, seperti dompet, HP, serta barang-barang penting lainnya. Para produsen tas memproduksi berbagai macam bahan tas, salah satunya kanvas. Tas berbahan kanvas memiliki keunggulan yaitu kuat, tahan lama, dan mudah dipadupadankan. Namun, jangan salah! Jika bahan kanvas dicuci atau dibersihkan dengan metode yang salah, akan berpengaruh kepada kualitasnya. Oleh karena itu, tas harus dicuci dengan metode atau cara yang benar sesuai dengan jenis bahannya. Berikut beberapa tips perawatan dan cara untuk mencuci tas kanvas, yuk simak!

Cara Membersihkan Tas Kanvas

Berbagai metode atau tips untuk mencuci tas kanvas memang banyak. Namun, tidak semua benar-benar tepat dan dapat dipercaya. Pasalnya, cara pencucian tas kanvas sebenarnya mudah, tapi untuk menjaga warna dan bentuk tas seperti baru adalah tugas yang berat. Berikut cara membersihkan tas kanvas dengan tepat:

1. Siapkan alat & bahan

Sebelum kita mulai ke proses mencuci, siapkan alat dan bahan sebagai berikut:

Alat Bahan
Sikat halus atau sikat gigi Air bersih
Ember Sabun bayi / cairan pembersih khusus tas
Kain lap lembut Baking soda

2. Basahi tas terlebih dahulu

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, basahi tas terlebih dahulu untuk memulai proses mencuci. Untuk noda membandel atau sulit dibersihkan (noda makanan, minyak, tinta, dsb), kalian bisa rendam dengan air hangat dan sedikit sabun untuk melunturkan nodanya. Sedangkan, untuk noda yang ringan (debu), bisa gunakan air biasa dan sedikit sabun.

3. Bersihkan noda

Bersihkan noda pada tas kanvas dengan sikat halus dan sabun. Saat melakukan pencucian, sebaiknya perhatikan kekuatan saat menggosok tas kanvas. Gosok permukaan tas secara perlahan dan teratur agar tekstur bahan tidak menjadi rusak karena terkoyak. Saat menggunakan sabun tidak perlu terlalu banyak, gunakan secukupnya saja.

Untuk noda membandel atau sulit dibersihkan, kalian bisa gunakan baking soda. Gosok dengan sikat halus atau sikat gigi yang dibubuhi baking soda. Pastikan gosok secara perlahan ya!

4. Bilas dengan air bersih

Setelah melakukan proses pencucian, kalian dapat membilasnya dengan air bersih. Usahakan untuk membilasnya dengan air yang mengalir dan pastikan bagian dalam hingga setiap sudut tas terjangkau agar tidak ada sisa sabun atau residu yang tertinggal.

5. Keringkan dengan alami

Untuk mengeringkan tas kanvas, kalian bisa keringkan secara alami di suhu ruangan atau kipas angin. Hindari untuk menjemur langsung di sinar matahari yang terik, karena hal ini dapat membuat warna pada tas kanvas memudar dan terlihat kusam.

Tips Perawatan Tas Kanvas

Setelah kalian sudah mengetahui cara yang tepat untuk mencuci tas kanvas, kalian wajib mempelajari tips perawatan tas kanvas. Mengapa wajib? Karena hal ini dapat membantu kalian untuk menjaga keawetan pada tas kalian. Berikut tips perawatan tas kanvas:

1. Jangan gunakan deterjen untuk mencuci

Untuk menghilangkan noda pada tas kanvas, sebaiknya tidak menggunakan deterjen. Hal ini dikarenakan deterjen memiliki sifat yang keras dan panas yang dapat menyebabkan bahas kanvas menjadi kaku, terlihat kusam, dan kasar. Maka itu, ada baiknya kalian gunakan bahan alami seperti baking soda atau air cuka.

2. Jangan gunakan mesin cuci

Poin yang kedua ialah jangan gunakan mesin cuci untuk mencuci tas kanvas. Walaupun rasanya tas kanvas memiliki bahan lunak dan dapat dicuci di mesin cuci, namun hal ini justru dapat membuat tas kanvas menjadi kasar atau rusak karena terkoyak. Mencuci di mesin cuci pun sebenarnya kurang bersih, karena tidak dapat menjangkau bagian-bagian kecil atau sudut dari tas kanvas.

3. Jangan gunakan sikat berbulu kasar

Sama halnya dengan menggunakan mesin cuci, mencuci dengan sikat berbulu kasar pun dapat merusak serat kain kanvas. Hal ini bertujuan untuk menghindari permukaan tas kanvas menjadi kasar atau rusak karena terkoyak. Sebaiknya gunakan sikat halus atau sikat gigi untuk mencuci tas kanvas.

4. Jangan jemur langsung di bawah sinar matahari terik

Tips terakhir adalah tidak menjemur tas kanvas di bawah sinar matahari terik. Hal ini dapat memudarkan warna pada tas, serta membuat permukaan tas menjadi kaku. Sebaiknya keringkan tas kanvas secara alami di suhu ruangan atau dengan kipas angin. Pastikan tas kering secara sempurna ya!

5. Serahkan kepada ahli atau jasa professional

Sering kali tas kita cepat rusak atau tidak tahan lama dikarenakan oleh cara perawatannya. Untuk membersihkan tas, mininal 2 kali dalam sebulan, tentu tidak semua orang punya waktu untuk selalu mencuci tas kesayangannya di rumah. Oleh karena itu, ada baiknya serahkan kepada ahli atau jasa professional seperti Fresclean Shoe Laundry. Hanya dengan beberapa rupiah, tas kalian akan kinclong dan terlihat seperti baru! Bagi yang tidak punya waktu dan ragu dengan mencuci sendiri di rumah, kalian dapat serahkan tas atau sepatu kesayangan kalian kepada kami!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.