daily sneakers care

MENU

Tips Merawat Koper Agar Awet dan Tidak Berjamur

Traveling merupakan kegiatan bepergian yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Traveling juga salah satu pilihan healing terbaik bagi sebagian orang. Tentunya, untuk melancarkan kegiatan traveling, koper menjadi salah satu perlengkapan penting yang harus disiapkan. Koper berguna untuk membawa berbagai macam barang, seperti pakaian, peralatan mandi, ataupun makanan. Sayangnya, banyak orang menyepelekan dalam hal merawat koper sehingga koper tidak tahan lama dan munculnya jamur, bahkan koper bisa rusak secara permanen. Oleh karena itu, mari simak beberapa tips merawat koper agar tetap awet dan terhindar dari jamur!

1. Bersihkan koper secara rutin

Hal pertama yang paling dasar adalah membersihkan koper secara rutin. Noda debu atau kotor akan sulit hilang jika tidak segera dibersihkan. Kalian bisa gunakan cairan pembersih khusus dan kain lap lembut untuk membersihkannya. Namun, disarankan perhatikan cara mencuci sesuai jenis bahan koper ya, peeps! Jika kalian ragu dengan menyuci sendiri di rumah, kalian bisa bawa koper kalian ke Fresclean Shoe Laundry. Tak hanya sepatu, koper pun auto kinclong!

2. Simpan dengan cara yang benar

Saat menyimpan koper, disarankan untuk segera mengeluarkan isinya atau pastikan koper dalam keadaan kosong. Simpan di tempat yang bersih dan kering. Disarankan taruh silica gel di dalam koper untuk menyerap kelembapan di sekitarnya. Hal ini menghindari tumbuhnya jamur di koper.

3. Gunakan pelindung koper

Selain menaruh koper di tempat yang proper, pastikan gunakan sarung atau pelindung koper. Hal ini berguna untuk melindungi koper dari debu dan goresan. Kalian bisa gunakan pelindung koper yang terbuat dari plastik atau kain.

4. Segera melakukan perbaikan jika perlu

Jika ada bagian koper yang mengalami kerusakan, segera lakukan perbaikan. Kalian bisa bawa koper kalian ke tempat reparasi khusus koper. Tentu lebih aman dan terpercaya jika kalian serahkan ke ahlinya. Jika dibiarkan terlalu lama, kemungkinan koper akan mengalami kerusakan secara permanen, lho!

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.