daily sneakers care

MENU

Yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Gym

Jika kalian tidak tahu apa yang harus dilakukan di gym atau belum pernah menginjakkan kaki di gym sebelumnya, ini mungkin tampak seperti tempat yang menakutkan. Bagaimana cara memakai mesinnya? Bagaimana jika salah? Bagimana jika orang-orang memperhatikan?

Itu sebabnya, di sini kita akan membahas apa yang perlu dipersiapkan sebelum gym, perlengkapan apa saja yang perlu dibawa, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan gym.

Sebelum Memulai Gym

Persyaratan Kesehatan

Gym dirancang untuk memberikan semua orang alat yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan kebugaran impian mereka. Baik untuk menguatkan atau membangun kekuatan, siapa pun boleh berlatih di gym, namun sebelum memulai perjalanan kebugaran Anda, Anda mungkin diminta untuk memeriksa kondisi medis tubuh Anda. Ini membantu personal trainer untuk menyesuaikan rutinitas yang cocok untuk Anda. Berikut beberapa contoh yang mungkin diminta untuk Anda ungkapkan:

  1. Segala kondisi jantung yang ada,
  2. Kondisi medis yang sedang berlangsung, seperti diabetes,
  3. Operasi besar apa pun yang Anda lakukan dalam 12 bulan terakhir,
  4. Apakah dokter pernah menyarankan Anda untuk tidak berolahraga di masa lalu.

Induksi Gym

Induksi gym adalah tour singkat untuk menjelaskan tentang fasilitas gym. Ini mencakup etika gym, cara menggunakan mesin, dan cara Anda mengakses setiap area gym. Induksi yang baik adalah kunci untuk membantu Anda memulai dengan langkah yang benar. Staf yang menjalankan induksi akan selalu memiliki tips dan saran yang dapat membantu Anda dari banyak kerumitan di kemudian hari, seperti waktu terbaik untuk menggunakan peralatan dan latihan apa yang bagus untuk pemula.

Persiapan Kunjungan Pertama

Waktu Terbaik untuk Gym

Pagi hari sering kali dianggap sebagai waktu terbaik untuk berolahraga, karena dapat mengurangi tingkat stres dan membuat Anda berenergi sepanjang hari. Namun, itu semua tergantung pada 'ritme sirkadian' Anda.

Ritme sirkadian adalah jam internal tubuh Anda, yang menyebabkan Anda berfluktuasi antara waspada dan lesu sepanjang hari. Jika Anda menganggap diri Anda orang yang suka bangun pagi, akan mudah untuk memotivasi diri sendiri selama satu jam di gym sebelum bekerja.

Namun, jika Anda tidak dapat menyelesaikan apa pun sebelum minum kopi pukul 9 pagi, jangan menyalahkan diri sendiri. Pergilah ke gym dalam perjalanan pulang. Benar-benar tidak ada 'waktu terbaik' untuk berolahraga, itu semua tergantung pada tubuh Anda, jadi dengarkanlah dan pergilah ke gym pada saat yang paling nyaman bagi Anda.

Selain itu, ada baiknya kalian mengetahui jam-jam sepi tempat gym kalian. Dengan ini, kalian bisa melakukan gym tanpa harus mengantri dan dapat fokus secara maksimal.

Apa yang Harus Dipakai dan Dibawa?

Jika kalian ingin memaksimalkan sesi melatih tubuh kalian, ada beberapa yang perlu kalian persiapkan. Berikut apa saja yang harus dibawa dan kalian pakai saat gym:

  1. Baju olahraga atau pakaian yang nyaman (hindari pakaian yang membuat sulit bergerak, seperti denim atau kemeja)
  2. Sepatu olahraga (sepatu olahraga yang kokoh paling cocok digunakan; hindari sepatu kanvas)
  3. Handuk keringat (untuk menyeka peralatan setelah digunakan)
  4. Handuk dan peralatan mandi (untuk mandi pasca-latihan)
  5. Botol air (pastikan kalian cukup minum air, agae tubuh kalian selalu terhidrasi)

Pemanasan (Warming Up)

Jika Anda merasa minder saat pertama kali mengunjungi gym, pikiran Anda adalah langsung menggunakan treadmill atau alat angkat beban, tetapi ini adalah kesalahan pemula. Salah satu bagian terpenting dari latihan yang baik adalah pemanasan yang benar.

Pemanasan sangat penting karena mempersiapkan tubuh Anda untuk menghadapi tuntutan olahraga, mengendurkan otot, dan mengurangi risiko cedera. Ini juga berarti Anda cenderung tidak mengalami ketegangan otot selama berolahraga dan meminimalisir kemungkinan penumpukan asam laktat, yang dapat menyebabkan kram.

© 2021. Fresclean. Jakarta, Indonesia.